Jan 17, 2011

Jalangkote


Yang orang Makassar pastinya tau doong makanan yang satu ini.. :D
Sebelum berkicau lebih jauh, maka akan gw jelasin dulu yak..
Jalangkote ato Jalkot *bahasa gaulnya* sebenernya sama aja kek pastel, cuma yang bikin beda ya ce'la bambang alias saosnya yang khas, terbuat dari racikan bawang putih + cabe rawit + cuka yang sangat maknyoooooss of course.. :D

Okeng, ini dia resepnya ya.. *saat nulis postingan ini, cita rasa bawang putih masi nemplok di mulut gw loh, ahahaha sepertinya karna gw ga kunjung sikat gigi, ups!! :P*

Bahan buat kulit:
- Tepung terigu 1/2 kg
- Mentega 2 sdm
- Garam secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat kulit: Campur terigu, mentega dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit, sampe adonan nyatu ( ga terlalu keras dan lembek ya) n siap buat di giling..

Bahan Isi:
( Bahan isi sebenernya suka2, kalo gw si yang lagi nangkring di dapur aja, sikat langsung :d)
- Kentang ato Ubi
- Wortel
- Seledri
- Mie Telor
- Daging Cincang
- Bawang Merah 8 siung
- Bawang Putih 4 siung
- garam
- Merica
- Minyak buat numis

Cara buat isinya : Haluskan bawang merah + bwang putih, trus tumis sama bahan2 yang lain sampe wangiiii.. :D

Nah buat ce'la bambang alis saosnya ini dia:
- Cabe Rawit merah
- Bawang putih
- Garam secukupnya
- gula seckupnya
- Cuka
- Air (panas/anget)

Cara:
Blender Cabe rawit + bawang putih, terus siram dengan air panas, tambahkan cuka, garam dan gula. Nah cobain deh, udah pas apa belom di lidah..

Wuhuuu.. nyammanna dottoro'...
Apalagi kalo lagi ujan2.. segeeerr ui.. :D :D

1 comment:

  1. Boleh pesan jalangkote nggak?

    Saya suka kalo isi nya pake telur :D

    ReplyDelete