Feb 12, 2009

Kenapa bisa bersin??

Pasti pernah dung ngalamin yang namanya bersin.. Ntah itu karena lagi flu, alergi ama debu or macem2 penyebab lainnya. Penasaran juga gw mikirin bersin, akhirnya tadi tanya aja di paman google. Nah, dapet juga ni penjelasannya..

Bersin merupakan keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung n mulut. Udara tadi keluar sebagai respon yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung. Tubuh kita kan punya sistem penolakan terhadap sesuatu yang tidak seharusnya berada dalam tubuh, seperti kehadiran bakteri, kuman, dll. That's why, kalo lagi berada di area berdebu or lagi flu kita jadi bersin-bersin.

Ketika kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita bakal berenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sekejap, selama bersin tersebut. Nah pas bersin selesai, jantung akan berdenyut alias berdetak kembali.
Gimana jadinya yah kalo jantungnya ga berdetak lagi alias berenti... Mungkin penyebab kematian nomer satu di dunia adalah bersin yah.. xixixi.. Maha Suci Allah yang udah nyiptain organ-organ tubuh manusia dengan cara kerjanya yang begitu menakjubkan.. ;)

Berapa lama tempo bersin? Karena bersin adalah pengeluaran udara, maka lama bersin akan sama dengan kecepatan udara tersebut keluar dari hidung, yaitu sekitar 70 meter/detik. Wow! Cepet banget yah. Saat kita bersin, kita mengeluarkan butir-butir air yang terinfeksi oleh bakteri yang ingin dikeluarkan dari hidung/mulut. Dalam satu kali bersin, kita bisa ngeluarin sekitar 40.000 butir air dan siap tersebar kemana aja. Wah-wah.. emang kalo bersin itu kudu ditutup yah, kalo ngga bisa menyebar ke orang-orang di sekitar kita, apalagi kalo lagi rame.. Hiiiyyy.. serem... ^^

Oh iya, satu lagi yang unik.. sangking kuatnya tenaga bersin, sampe-sampe mata kita selalu merem pas bersin.. Kalo ga merem mungkin bisa keluar kali tuh si bola mata.. hehehe...
Ga percaya? Sok ajah coba sendiri.. =D


1 comment:

  1. MAkanya klu habis bersin kita selalu berucap syukur, bukan karena bakteri banyak yang bisa keluar tapi karena jantung berjalan kembali, hihihih ;))

    ReplyDelete